Bobot Nilai Tes Tertulis dan Wawancara agar Lolos menjadi Pendamping Desa

http://updesa.blogspot.co.id
Bobot Nilai Tes Tertulis dan Wawancara Pendamping Desa/Illustration

Berapa Bobot Nilai Tes Tertulis dan Wawancara agar Lolos menjadi Pendamping Desa-.Pertanyaan tersebut yang sering di tanyakan oleh para calon pendamping desa kepada saya.
Sebenarnya dalam website kemendesa sudah di jelaskan secara gamblang perihal tersebut.Tetapi,saya akan mencoba menjelaskan kembali kepada teman-teman yang kebetulan akan bertanding dalam tes recrutmen pendamping desa dan semoga artikel saya nanti bisa di pahami dan bermanfaat bagi semua.

Baca juga : Soal Tes Pendamping Desa Lengkap dengan Penjelasan

Langsung saja saya jelaskan ya sob,Untuk bisa lolos menjadi pendamping desa 2017 sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.Yang membedakan hanyalah pada proses registrasi online. Di tahun 2016 ketika kita melakukan registrasi online semua berkas di upload mulai dari Curiculum Vitae (CV),Identitas Diri,Surat Keputusan (SK),Ijasah serta Dokumen Pendukung lainya.Tetapi untuk tahun ini kita cukup melengkapi Indentitas Diri dan mengupload Curiculum Vitae (CV).

Baca juga : Tips dan Trik Lolos Pendamping Desa.2017

Menariknya di tahun ini,setelah kita berhasil melakukan registrasi online pada kesempatan selanjutnya kita bisa melihat langsung besaran bobot nilai yang di berikan kepada setiap calon pendamping desa.

Untuk besaran bobot nilai yang di berikan kepada setiap calon pendamping desa pun bervariasi.Menurut saya pemberian bobot nilai tersebut telah sesuai dan berdasarkan tingkat pendidikan serta pengalaman kerja si calon pendamping desa.Tetapi untuk hal teknis terkait pembobotan nilai tersebut saya kurang begitu paham karena di alur seleksi tidak ada berapa persen (%) besaranya pembobotan nilai dari registrasi online dan hanya pihak penyelenggara yang tahu atas hal tersebut.
http://updesa.blogspot.co.id
Alur Seleksi Pendamping 2017/pendamping2017.kemendesa.go.id/

Berdasarkan alur seleksi yang di unggah dari website Kementran Desa di jelaskan bahwa untuk bisa lolos menjadi pendamping desa harus melalui tiga tahap mulai dari Pendaftaran,Proses Seleksi dan Hasil Seleksi.

Dari ketiga proses tersebut kita baru akan melangkah ke proses yang kedua yaitu proses seleksi setelah waktu yang lalu kita melakukan pendaftaran secara online.Proses seleksi ini di bagi menjadi dua tes yaitu tes tertulis dan tes wawancara atau phikologi.

Untuk tes tertulis sendiri pihak dari Kementrian Desa sudah menentukan bobot nilai dengan passing grate 60 %

Contoh : Pada  tes tertulis biasanya kita di suruh menjawab soal pilihan ganda terkait pengetahuan umum dengan jumlah sebanyak 60 soal.Artinya jika kita ingin lolos pada tes ini kita harus menyelesaikan soal dengan jawaban benar sebanyak 36 soal dengan rumus :

60 soal x 60 % = 36 ( benar )

Sedangkat untuk tes wawancara sendiri biasanya di ganti menjadi tes Phisikologi dan bobot nilai pada tes ini sebesar 40 %.

Tes Wawancara/phisikologi  hampir sama dengan tes tertulis yang membedakan hanyalah jumlah soal dan jenis soal.

Baca : Suka Duka menjadi Pendamping Desa

Pada tes ini pun tetap menggunakan soal pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 300 soal phisikologi dengan waktu 3 jam.Artinya anda harus menjawab benar minimal 120 soal serta perbanyak latihan soal-soal phisikologi agar anda dapat lolos pada tes ini.

Nah,mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan terkait seberapa besar bobot nilai tes tertulis dan wawancara agar dapat lolos menjadi pendamping desa.Sekali lagi saya pribadi mendoakan agar teman-teman yang kebetulan mendaftar sebagai pendamping bisa di terima semua.

Jangan lupa di share jika artikel ini bermanfaat bagi temen-teman.

how to buy car insurance online

Share on :